“Biji Kopi Indonesia” or “Aroma of Heaven” is a documentary made ​​by Budi Kurniawan. This documentary narrated Indonesian coffee trip that spanned over 300 years. The content of this documentary touches the west end to the east producer of coffee in Indonesia such as Gayo and Flores. “Biji Kopi Indonesia” or “Aroma of Heaven” documentary is also supported by Perum State Film Production (PFN).

The presence of “Biji Kopi Indonesia” or “Aroma of Heaven” documentary is fairly important because it helped enrich recording visual data regarding socio-cultural treasures to the Indonesian-ness. In addition, the documentary also became the unofficial tape recorder for the coffee development in Indonesia.

Here’s the official release in Bahasa
Dengan hanya berbekal rasa keingin-tahuan mendalam dan didukung oleh sedikit kru untuk mendokumentasikan perjalanan polemik kopi Indonesia yang memiliki sejarah lebih dari 300 tahun sejak pertama kali di tumbuh kembangkan di Indonesia, film ini mulai dikompilasi sejak tahun 2011.

Mengalami beberapa situasi kritis, tidak pernah menghentikan hasrat kru film untuk tetap menyelidiki berbagai sumber sejarah baik lokal maupun internasional hingga pertemuan dengan berbagai ahli serta petani tradisional—pria dan wanita luar biasa dari berbagai dunia ilmu pengetahuan, filsafat, akademisi, antropologi, bisnis, dan pertanian.

Film ini membawa penonton ke tempat-tempat yang belum pernah terekspos sebelumnya, dan bahkan menyajikan fenomena familiar dengan cara yang sama sekali berbeda. Bahwa tradisi, budaya, seni, iman serta keyakinan adat memberikan kontribusi terhadap catatan alur sejarah kopi Indonesia.

Lebih dari sekadar menggambarkan asal-usul kompleksitas cita rasa kopi, lebih dari sekadar berbicara tentang tren dan gaya hidup meminum kopi masa kini, Biji Kopi Indonesia atau Aroma of Heaven adalah sebuah film dokumenter yang menimbulkan pertanyaan provokatif: seberapa dekat kita mengenal kopi yang kita konsumsi setiap hari?

No more articles