bangkutaman

Mendokumentasikan sebuah perjalanan adalah hal yang penting untuk dilakukan. Orang-orang banyak mengabadikan momen-momen mereka ketika mereka tengah pergi ke suatu tempat, apalagi jauh dari tempat tinggal mereka.

Kadang pendokumentasian hanya terpusat secara subyektif, sekadar foto-foto mereka dengan latar pemandangan tertentu yang mencirikan tempat tersebut, misalkan foto dengan latar menara Eiffel di Paris, atau patung singa putih di Singapura, atau bisa jadi video bersama rekan-rekan mencicipi makanan khas tertentu atau berada di tempat wisata atau lainnya.

Namun kadang ada kalanya pendokumentasian tersebut punya tujuan tertentu, seperti misalnya yangg tervisualisasikan di video klip bangkutaman yang bertajuk “Langkah Baru”. Mengambil tema perjalanan keseharian. Bangkutaman mencoba merekam keseharian warga kota di London, Inggris sambil melihat suasana dan hiruk pikuk masyarakat disana.

Mengambil lokasi sebagian besar di Camden Town dan Lancaster Gate, kita diajak menyusuri stasiun bawah tanah, naik kereta bawah tanah, naik menuju jalan kota yang berada di atas, lalu lalang orang menuju tempat kerja, sedikit pemandangan wisata, sungai dengan perahu, anak kecil yang bersekolah, pengamen yang asyik memainkan musik, penjual piringan hitam pinggir jalan, dan lain sebagainya. Video ini dibuat oleh manajer bangkutaman bernama Satria Ramadhan pada saat perjalanan dia ke kota London.

Selain sebagai pendokumentasian perjalanan, klip pendek ini adalah obat dahaga mereka, sebagai musisi juga pekerja yang biasa menghabiskan kesehariannya di perkotaan untuk tahu seperti apa kondisi dan situasi keseharian masyarakat di belahan bumi yg lain. Ternyata lewat video klip ini, ada banyak persamaan bahwa hiruk pikuk perkotaan adalah sebagaimana lazim adanya. Lalu lalang orang berangkat bekerja dan lain sebagainya. Selamat menyaksikan.

No more articles